Ketua YKI Sumut: Kanker Harus Ditangani Serius dan Diobati Secara Medis

topmetro.news – Ketua Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Sumatera Utara (YKI Sumut) Hj Nawal Edy Rahmayadi dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Asahan.

Kunker ini bertujuan untuk melaksanakan roadshow cegah kanker di Provinsi Sumatera Utara. Kedatangan tim di sambut Sekretaris PKK Asahan dan pengurus di Pendopi Rumah Dinas Bupati Asahan, Senin (29/5/2023).

Sekretaris PKK Asahan Hj Nuraisyah Rahmat Hidayat mengatakan PKK Asahan telah melakukan berbagai upaya dalam mensosialisasikan dan menyebarkan informasi terkait upaya dalam mencegah kanker. Sosialisasi ini berlangsung kepada seluruh kader dari tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan hingga Dasawisma.

Lebih lanjut, Hj Nuraisyah mengatakan ada beberapa PKK Kecamatan membuat inovasi dalam menyukseskan program dan mencegah kanker di Asahan. Di antaranya melakukan pelayanan di setiap fasilitas yang sudah terjadwal setiap minggunya.

Ketua YKI Sumut dalam sambutannya mengatakan kanker adalah sel dalam tubuh yang tumbuh tidak normal. Sebenarnya kanker itu dapat diobati, banyak masyarakat  yang tidak tahu karena kurangnya informasi dan sosialisasi.

Ny Nawal berharap, semua pihak maupun kader PKK selalu menjadi corong untuk menyampaikan kepada masyarakat. Terutama kepada ibu-ibu tentang penyakit kanker. Penyakit kanker harus di tangani dengan serius dan secara medis.

Di akhir sambutannya, Ny Nawal mengatakan selain Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS), upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin. Juga berperan penting mengurangi risiko terserang kanker.

“Gerakan PHBS dan pemeriksaan kesehatan secara rutin akan mengurangi tingkat  kematian akibat kanker. Karena pengobatan dan pencegahan telah dilakukan sedini mungkin mungkin,” kata Ny Nawal.

Tampak hadir Sekretaris YKI Sumut, Kadis Kesehatan Provsu, Kadis Kesehatan Asahan, DWP/PKK Asahan beserta pengurus dan undangan lainnya.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment